Berapa Lama Baiknya Menyimpan Nasi untuk di Kulkas?

Berapa Lama Baiknya Menyimpan Nasi Di Kulkas

senyawa.eu.org

Nasi sepertinya bukan sesuatu yang bisa menyebabkan banyak bahaya dibandingkan dengan unggas, daging, atau makanan laut. Tetapi kamu mungkin terkejut mengetahui bahwa nasi yang disimpan dengan tidak benar masih dapat menyebabkan keracunan makanan, seperti halnya daging atau makanan laut yang kurang matang. Makan nasi yang buruk bisa membuat kamu mual dalam waktu 30 menit.

Itulah mengapa mempelajari jawaban atas pertanyaan penting seperti berapa lama nasi baik untuk disimpan di lemari es dapat menyelamatkan kamu dari banyak kesedihan. Jika kamu belum tahu, artikel singkat ini bisa memberi tahu kamu!

Berapa Lama Beras Baik untuk Didinginkan?

Jawabannya bervariasi tergantung pada jenis nasi dan apakah kamu sudah memasak nasi atau belum.

Nasi

Nasi yang dimasak dapat disimpan di lemari es selama 4 hingga 6 hari jika kamu memasak dan mendinginkannya segera pada tanggal pembelian.

Namun, tidak semua orang memasak dan mendinginkan nasi segera setelah mereka membelinya. Karena alasan ini, kamu tidak boleh memanaskan kembali nasi setelah lebih dari 4 hari disimpan di lemari es.

Jenis nasi yang kamu masak juga membuat perbedaan kecil di sini. Umumnya, nasi putih akan bertahan lebih lama dari nasi merah (hanya satu atau dua hari). Beras merah tidak digiling atau dipoles, sehingga memiliki kandungan minyak yang lebih tinggi. Minyak ekstra membuat biji-bijian menjadi tengik jauh lebih cepat daripada rekan putihnya.


Beras

Nasi mentah bertahan jauh lebih lama saat didinginkan daripada nasi matang. Sebungkus nasi mentah dapat disimpan lebih dari 6 bulan jika didinginkan dengan benar. Jika kamu ingin menyimpannya lebih lama lagi, pembekuan dapat memperpanjang umur simpannya hingga beberapa tahun.

Mengapa Beras Menyebabkan Keracunan Makanan?

Untuk sebagian besar makanan, kamu tidak perlu memasaknya pada suhu lebih dari 212°F agar bebas dari bakteri berbahaya. Hal yang sama, sayangnya, tidak dapat dikatakan untuk nasi.

Beras mungkin mengandung spora bakteri berbahaya yang disebut Bacillus cereus. Makan nasi yang terkontaminasi bakteri ini dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare yang parah.

Spora Bacillus cereus sangat tangguh. Dalam panas basah (seperti mengukus atau merebus), makanan harus dipanaskan pada suhu 250 °F selama 5 menit untuk membunuh semua spora. Dalam panas kering (misalnya, memanggang atau memanggang), kamu harus memberikan makanan setidaknya 1 jam dalam 248°F panas agar mereka dihilangkan.


Masalahnya akan menjadi lebih buruk jika nasi tidak didinginkan dengan benar.

Spora bacillus cereus berkecambah pada suhu lebih tinggi dari 50 ° F. Yang mengkhawatirkan, beberapa galur telah dicatat mampu berkecambah pada suhu serendah 39°F. Ini bahkan lebih rendah dari suhu yang disetel sebagian besar lemari es (40°F).

Setelah mereka berkecambah, bakteri menghasilkan enterotoksin. Enterotoksin menyerang sistem pencernaan kamu, menyebabkan kamu menunjukkan gejala yang berhubungan dengan perut seperti mual, muntah, dan diare.


Cara Aman Mendinginkan Nasi yang Dimasak

Kuncinya adalah membuang nasi ke lemari es secepat mungkin. Ketika kamu tahu bahwa kamu tidak dapat menghabiskan semua nasi tepat waktu, bungkuslah. Jangan biarkan keluar lebih lama dari yang diperlukan. Jika nasi telah menghabiskan lebih dari 4 jam pada suhu kamar, kamu harus membuangnya.

Langkah 1: Tunggu Nasi Mendingin

Jika nasi masih panas, tunggu hingga dingin. Jika kamu segera memasukkan nasi ke dalam lemari es, panasnya akan menyebabkan pembentukan kondensasi dan membuat butiran menjadi basah. Kelembaban ekstra (ditambah dengan sisa panas) menciptakan lingkungan yang menguntungkan bagi bakteri untuk tumbuh.

Langkah 2: Kemaslah!

Pindahkan nasi ke dalam wadah kedap udara atau kantong Zip-Loc kedap udara. Ini akan menjaga kelembaban dari lemari es. Wadah juga akan melindungi nasi dari kontaminasi bakteri dari makanan lain di dalam lemari es.


Langkah 3: Letakkan Nasi di Rak Bawah Kulkas

Seperti disebutkan sebelumnya, bakteri seperti bacillus cereus mampu berkembang biak pada suhu yang lebih dingin dari 40°F. Jangan ambil risiko. Simpan nasi di rak bawah lemari es, yang cenderung lebih dingin. Udara dingin memiliki kecenderungan untuk tenggelam.

Langkah 4: Panaskan Kembali Hanya Saat Diperlukan

Nasi tidak boleh dipanaskan lebih dari sekali. Memanaskan kembali nasi dua atau tiga kali meningkatkan risiko infeksi bakteri. Bawa keluar untuk memanaskan kembali hanya jika perlu.

Jika kamu memiliki banyak sisa nasi, pisahkan menjadi beberapa bagian. Keluarkan secukupnya untuk menyelesaikan dan biarkan sisanya di lemari es untuk hari lain.

Sekali lagi, sebagai pengingat: pastikan kamu menyelesaikan semuanya dalam waktu kurang dari 4 hari. Lewati poin ini, dan kamu harus membuang semuanya.


Mungkinkah Makan Nasi Dingin?

Tidak untuk pemanasan ulang? Benar-benar aman untuk makan nasi dingin langsung dari lemari es. Namun, teksturnya bisa menjadi sedikit masalah. Nasi yang didinginkan cenderung agak alot dan kering karena dehidrasi. Selain teksturnya yang loyo dan rasa dingin di mulut, tidak masalah jika kamu ingin melewatkan bagian pemanasan ulang.

Beras Kadaluarsa

Sayangnya, tidak mudah untuk mengetahui kapan nasi menjadi buruk. Infeksi bacillus cereus tidak meninggalkan tkamu-tkamu yang terlihat pada beras. Meskipun terlihat cukup oke, makan nasi yang sudah berumur beberapa hari tetap bisa membuat kamu sakit. Pertahanan terbaik adalah dengan menghindari nasi tua.

Untuk masalah lain, seperti pembusukan atau basi, ada beberapa tkamu yang bisa kamu waspadai.

Bau

kamu ini sangat berguna saat memeriksa beras merah. Ketika minyak di dalam biji-bijian menjadi tengik, mereka akan mengeluarkan bau yang sangat tidak enak. Nasi segar tidak akan memiliki bau ini, jadi kamu akan langsung tahu hanya dengan mengendusnya.

Beras putih yang kadaluarsa juga memiliki bau asam yang khas karena fermentasi.

Tekstur Berlendir, Berminyak

Saat beras kedaluwarsa, permukaannya akan memiliki lapisan yang sangat berminyak dan lengket alih-alih memiliki tekstur yang mengembang seperti sebelumnya. Sentuh nasi dan, jika kamu merasakan lendir di bawah jari-jari kamu, nasi sudah pasti lepas.

Perubahan warna

Jika kamu meninggalkan nasi terlalu lama, jamur akan tumbuh di atasnya. Sangat mudah untuk mengetahui kapan nasi menjadi berjamur. Waspadai bintik hitam, biru, atau hijau pada biji-bijian.

Kesimpulan

Untuk rekap, kamu harus memasukkan nasi ke dalam lemari es dalam waktu kurang dari 4 jam setelah keluar dari kompor. Kemudian, pastikan kamu menghabiskan semua sisa nasi dalam waktu kurang dari 4 hari sejak kamu memasukkannya ke dalam lemari es.

Beras adalah favorit banyak orang karena kesederhanaannya. Tapi biji-bijian ini memiliki banyak seluk-beluk yang harus kamu waspadai jika kamu tidak ingin berakhir dengan kasus keracunan makanan yang parah. Kami berharap artikel singkat ini telah memberikan jawaban yang memuaskan untuk pertanyaan kamu (yaitu, berapa lama nasi baik untuk di lemari es)!

Karena kami membahas topik lemari es, jika kamu memiliki rencana untuk meningkatkan lemari es kamu, kami memiliki beberapa lemari es counter depth terbaik di tahun 2021. Lihat jika kamu mau!

Post a Comment

Previous Post Next Post