Belajar SEO & Konsep Dasar SEO

SEO


Apa itu SEO?


SEO (Search Engine Optimization) adalah cara untuk mengoptimasi hasil mesin pencarian agar website kita berada di halaman pertama index pencarian atau bahkan berada di ranking pencarian kesatu.

Cara kerjanya adalah mesin pencari menggunakan algoritma tertentu untuk menentukan konten mana yang layak menempati ranking teratas hasil pencarian. Ini berlaku untuk semua mesin pencari baik itu Google, Yahoo!, Bing, maupun Duckduckgo.

Indikator yang mempengaruhi SEO


Struktur URL

Struktur URL yang baik adalah struktur URL yang sederhana, cukup mengandung nama domain dan judul artikel. Contoh struktur URL yang ideal:

https://www.senyawa.eu.org/judulkonten

Penggunaan SSL/TLS

Semenjak tahun 2013, Google mengutamakan website yang sudah HTTPS untuk tujuan keamanan.

Jika masih diawali dengan HTTP, artinya website Anda belum menggunakan SSL/TLS. Website yang sudah mengaktifkan SSL/TLS, alamat websitenya diawali dengan HTTPS.


Topik Konten

Semakin banyak konten yang membahas topik yang saling berkaitan, semakin besar kemungkinan website Anda untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian topik tersebut. Sebab website dengan konten yang topiknya saling berkaitan lebih mudah dikenali oleh mesin pencari.


Search Intent

Satu kata kunci bisa dimaksudkan untuk dua hal yang berbeda atau lebih. Search intent atau maksud pencarian adalah apa yang diinginkan oleh kebanyakan pencari terhadap satu kata kunci tertentu.


Struktur Konten

Mudahkan pembaca dalam menemukan jawabannya di konten  dengan struktur yang jelas dan rapi. 

Caranya yaitu menggunakan heading dan subheading untuk poin-poin paling penting dalam konten. Bisa juga menambahkan foto, gambar ilustrasi, infografik, atau video untuk membantu pembaca memahami konten.

Meta Tags

Meta tags terdiri dari title tag dan meta description. Fungsinya adalah membantu mesin pencari memahami konten di halaman website. Pertama, title tag adalah judul artikel yang muncul di hasil pencarian.

Kedua, meta description adalah teks yang merangkum konten di hasil pencarian. Teks ini terletak tepat di bawah judul dan URL artikel.

Backlink

Backlink adalah link yang ditautkan oleh website lain ke website kita. Semakin banyak backlink, maka website kita dianggap kredibel dan akan direkomendasikan oleh mesin pencari. Tetapi backlink tersebut harus berasal dari website yang berkualitas.


Kecepatan Website

Semakin cepat waktu loading suatu website maka akan semakin besar kemungkinannya halaman website muncul di halalaman utama google.


Jenis-jenis SEO


On Page

SEO On Page adalah langkah-langkah optimasi SEO yang dilakukan di dalam website Anda. Beberapa langkah optimasi SEO on page meliputi: permalink, judul konten, struktur konten, penggunaan heading, kecepatan website, tema responsif, hingga internal linking.


Off Page 

SEO Off Page adalah langkah optimasi SEO yang dilakukan di luar website. Jadi mengoptimasi konten dan website Anda saja belum cukup. Ada banyak faktor di luar website yang bisa berpengaruh terhadap kualitas SEO Anda.

Baca juga : Apa Itu Pakar SEO? 5+ Tips Memilih Jasa Yang Tepat

Post a Comment

Previous Post Next Post