Faktor Dan Prosedur Untuk Menentukan Lokasi Bisnis Wirausaha

Menjelaskan faktor dan prosedur untuk menentukan Lokasi Bisnis. Jelaskan masalah lokasi untuk unit Fasilitas Tunggal dan Fasilitas Ganda

Faktor Dan Prosedur Untuk Menentukan Lokasi Bisnis Wirausaha


Setiap organisasi baru harus mengambil keputusan strategis utama dalam menemukan fasilitasnya. Tujuan umum dalam memilih lokasi adalah untuk meminimalkan total biaya produksi dan distribusi. Situs yang dipilih juga harus memaksimalkan pendapatan dan memberikan peluang untuk pertumbuhan dan ekspansi lebih lanjut. Terlepas dari jenis bisnis, ada beberapa faktor umum yang akan mempengaruhi lokasi operasi. Faktor yang paling penting mungkin:

  1. Faktor pribadi
  2. Ekonomi (Daya beli masyarakat, jumlah orang yang bekerja di daerah tersebut, penjualan eceran per kapita, dll)
  3. Kompetisi
  4. Pertimbangan geografis, dan
  5. Hukum dan peraturan setempat.

Usaha kecil dapat memanfaatkan manfaat yang diberikan oleh pemerintah melalui kebijakannya tentang perizinan, penempatan sektor publik, subsidi, konsesi keuangan, pajak, bea dan pendirian kawasan industri.


Prosedur umum untuk membuat keputusan lokasi

Memilih lokasi fasilitas biasanya melibatkan serangkaian keputusan. Prosedur umum yang diusulkan oleh William J. Stevenson untuk membuat keputusan lokasi terdiri dari langkah-langkah berikut:

  1. Menentukan kriteria yang akan digunakan untuk mengevaluasi alternatif lokasi, seperti peningkatan pendapatan atau pelayanan masyarakat.
  2. Identifikasi faktor-faktor yang penting, seperti lokasi pasar atau pelanggan, bahan dan tujuan.
  3. Mengembangkan alternatif lokasi. i) Mengidentifikasi wilayah umum untuk suatu lokasi. ii) Identifikasi sejumlah kecil alternatif lokasi komunitas.
  4.  Mengevaluasi alternatif dan membuat pilihan.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Lokasi

  • Lokasi bahan mentah atau persediaan
  • Lokasi Pasar Tenaga Kerja
  • Fasilitas
  • Jasa
  • Ketinggian
  • Pajak
  • Peraturan Lingkungan
  • Keperluan
  • Dukungan pengembangan
  • Tanah
  • Transportasi
  • Lingkungan/hukum

Untuk membuat evaluasi menyeluruh dari faktor-faktor terkait yang terlibat dalam lokasi pabrik, akan lebih mudah untuk mengklasifikasikan masalah lokasi sebagai berikut:

A. Lokasi fasilitas tunggal

Banyak masalah lokasi seperti lokasi unit manufaktur, gudang, dll. yang mungkin termasuk dalam lokasi fasilitas tunggal memerlukan pemilihan lokasi. Asumsi penting yang dibuat di sini adalah bahwa pendapatan, biaya, dan karakteristik fasilitas lain dari perusahaan tidak bergantung pada lokasi fasilitas lain dari perusahaan atau pesaing. Situasi lokasi fasilitas tunggal dapat dievaluasi dengan peringkat faktor kualitatif dan analisis titik impas lokasi.

Prosedur untuk penilaian faktor kualitatif

  1. Identifikasi dan kembangkan daftar faktor yang relevan
  2. Berikan bobot pada setiap faktor untuk menunjukkan kepentingan relatifnya (bobot dapat berjumlah 1,00) di antara faktor-faktor yang dipertimbangkan untuk mengambil keputusan
  3. Tetapkan skala peringkat preferensi numerik umum (0-100 poin) untuk semua faktor
  4. Skor setiap lokasi potensial berdasarkan perbandingan dengan lokasi potensial lainnya
  5. Kalikan peringkat preferensi dengan bobot dan dapatkan skor bobot yang dihasilkan
  6. Jumlahkan skor tertimbang untuk setiap lokasi, dan
  7. Lokasi dengan titik maksimum yang diinginkan.

B. Lokasi multi fasilitas

Dalam kasus masalah lokasi fasilitas tunggal, kita harus memilih lokasi dengan biaya minimum, sedangkan dalam masalah lokasi multi fasilitas kita harus memilih lokasi yang bila ditambahkan ke lokasi yang ada, meminimalkan biaya keseluruhan sistem.

Lokasi beberapa pabrik dan gudang

Dalam jenis masalah lokasi ini, total biaya distribusi dan mungkin total biaya produksi akan dipengaruhi oleh keputusan lokasi. Masalah ini biasanya dirumuskan dengan mempertimbangkan jaringan distribusi produksi pabrik dan gudang dengan kriteria meminimalkan biaya transportasi, tunduk pada pemenuhan persyaratan penawaran dan permintaan secara keseluruhan. Metode program linear transportasi (LP) mungkin berguna.

Post a Comment

Previous Post Next Post