Makanan Khas Kebumen Jawa Tengah, Penuh Cita Rasa Istimewa - senyawa.eu.org

Makanan Khas Kebumen Jawa Tengah, Penuh Cita Rasa Istimewa

Makanan Khas Kebumen



Ada banyak sekali makanan khas dari Kebumen Jawa Tengah, yang mana makanannya mempunyai beragam cita rasa yang menarik untuk dicoba. Kebumen merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Tengah yang punya banyak potensi wisata, termasuk wisata kuliner. Makanan khas Kebumen Jawa Tengah menjadi kebanggaan kuliner bagi masyarakat sekitar

Makanan khas Kebumen Jawa Tengah ini punya beragam jenis mulai dari sate, soto, makanan manis, hingga camilan untuk oleh-oleh. Makanan khas dari Kebumen Jawa Tengah menjadi suatu bagian yang tak boleh terlewatkan pada saat kalian singgah di kota ini.

Deretan makanan khas Kebumen Jawa Tengah ini bisa ditemui di sepanjang sudut kota dengan mudah. Tak sedikit pula, ada beberapa makanan khas Kebumen Jawa Tengah yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Berikut beberapa makanan khas dari Kota Kebumen, Jawa Tengah

Sate Ambal

Sate Ambal


Sate Ambal merupakan olahan sate ayam kampung yang berasal dari Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen. Keistimewaan sate ini terletak pada bumbunya. Bumbu sate ambal terbuat dari tempe rebus yang dihancurkan hingga halus. Bumbu Sate Ambal memiliki konsistensi ender berwarna kuning kecokelatan. Bumbu sate ini memiliki cita rasa gurih, manis, dan pedas.

Soto Ayam Kriuk Petanahan

Soto Ayam Kriuk Petanahan

Soto Ayam Kriuk Petanahan juga merupakan salah satu kuliner yang sangat terkenal di Kebumen. Orang Kebumen biasanya menyebutnya dengan sebutan Soto Kriuk Petanahan. Yang membuat beda dari soto lainnya yaitu, soto pada umumnya biasanya hanya memakai daging ayamnya saja dan itupun cuma direbus sedangkan soto kriuk ini yang diambil adalah bagian kulit ayam dan jerohannya atau biasanya orang Kebumen menyebutnya ati ampela, kemudian kulit dan ati ampelanya itu digoreng kering sampai kalo di makan itu ada bunyi kriuknya. Nah dari sinilah soto ini dikenal dengan sebutan Soto Ayam Kriuk Petanahan. Isian lain dari Soto ini yaitu daun kol atau kobis, kecambah dan ketupat.

Soto Tamanwinangun

soto tamanwinangun


Soto Tamanwinangun merupakan soto yang terkenal di daerah Tamanwinangun, Kebumen. Soto ini seperti soto pada umumnya yang berisi tauge, kubis, bihun, dan suwiran daging ayam. Soto ini banyak dijual di malam hari di Kebumen.

Soto Tahu 

Soto Tahu


Soto Tahu khas Kebumen terbuat dari daun kol, toge dan tahu yang disiram dengan kuah sambal kacang. Kuliner satu ini mulai jarang dijumpai. Soto Tahu cukup populer di daerah Petanahan.

Nasi Penggel

Nasi Penggel


Nasi Penggel merupakan makanan khas Kebumen Jawa Tengah yang cocok disantap pada pagi hari. Nasi Penggel berisi nasi hangat yang nasinya itu di bentuk bulat-bulat, kemudian disiram dengan sayur lodeh potongan nangka muda atau orang Kebumen biasa menyebutnya dengan sebutan "ketewel" dan kemudian untuk lauknya ada mendoan, ada jeroan seperti babat, kikil, tetelan dan telor ayam yang di olah dengan menggunakan santan. Nasi ini disajikan di atas pincukan daun pisang. Banyak penjual Nasi Penggel membolehkan pembelinya untuk mengambil nasi sendiri sesuai porsi yang diinginkan. Penjual Nasi Penggel yang sangat terkenal dan laris setiap pagi hari ini tempatnya terletak di Desa Gunung Sari, Pejagoan, Kebumen atau orang Kebumen biasa menyebut tempatnya dengan sebutan "Timbangan".

Yutuk Goreng

Yutuk Goreng


Makanan khas Kebumen Jawa Tengah selanjutnya adalah Yutuk Goreng. Yutuk merupakan jenis hewan laut yang banyak hidup di pesisir pantai. Yutuk termasuk hewan bercangkang yang mirip dengan undur-undur.

Biasanya yutuk diolah menjadi peyek, bakwan dan beragam camilan lainnya. Yutuk juga tersedia dalam bentuk goreng yang cocok dimakan dengan nasi hangat. 

Sale pisang

sale pisang


Makanan khas Kebumen Jawa Tengah selanjutnya adalah sale pisang atau orang jawa biasa menyebutnya dengan kurma Jawa. Sale pisang di Kebumen terbagi menjadi dua jenis yaitu sale pisang kering dan saleng pisang basah. Sale pisang ini dibuat dengan cara memotong pisang menjadi beberapa bagian untuk sale pisang yang basah dan untuk yang kering pemotongan pisangnya itu lebih tipis-tipis lagi, selanjutnya sale yang sudah dipotong-potong di jemur dibawah terik matahari. Kemudian pisang yang dijemur tersebut digoreng untuk sale yang dipotongnya tipis-tipis, untuk yang potongannya besar-besar bisa langsung di packing, biasanya salenya ditambahin gula untuk memberi cita rasa manis di dalamnya.

Bengkoang Kebumen

Bengkoang Kebumen




Kebumen juga dikenal dengan hasil pertanian dari bengkoangnya. Di Kebumen bengkoang hampir bisa dipanen sepanjang tahun. Bengkoang Kebumen terkenal dengan kulitnya yang putih dan manis. Bengkoang ini bisa kita jumpai di Kebumen bagian Timur yaitu seperti Prembun.

Serabi Kebumen

Serabi Kebumen


Camilan khas Kebumen yang tak boleh terlewat lainnya adalah Serabi Kebumen. Serabi ini terbuat dari tepung beras, kelapa parut, santan, dan sedikit garam. Cara memasak serabi ini juga masih tradisional yaitu dengan tungku dan menggunakan kayu bakar. Biasanya penjual serabi tidak hanya menyediakan serabi saja, tetapi ada gorengan tempenya, karena serabi sangat cocok dipaduin dengan tempe goreng dan dimakan pas masih panas.

Lanting Khas Kebumen

Lanting Kebumen


Mungkin kalian semua sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Kebumen ini, yaitu lanting. Meskipun banyak dijual di berbagai macam daerah, akan tetapi lanting ini aslinya dari Kebumen.

Lanting sendiri merupakan snack yang dibuat berbentuk angka delapan yang bahan dasarnya dengan menggunakan singkong. Cita rasa singkongnya masih melekat pada camilan yang renyah ini. Kamu bisa membelinya untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Nah, pada awalnya lanting hanya dibuat dengan dua varian rasa saja, yaitu original dan bawang goreng. Akan tetapi untuk sekarang ini, varian rasa dari lanting ini pun juga bertambah, Mulai dari rasa balado, jagung manis, pedas manis hingga lanting rasa keju. Jika kamu ingin membeli lanting asli Kebumen dengan rasa yang khas, maka kamu bisa mendapatkannya di Pusat Oleh-oleh Lanting Bumbu Cahaya.

Makanan Khas Kebumen Kethek

Kethek Kebumen

Kethek merupakan salah satu makanan khas Kebumen yang wajib kamu cicipi. Kuliner Kebumen ini berbahan dasar sisa atau ampas dari pembuatan minyak kelapa. Kethek dapat diolah menjadi berbagai makanan. Kethek biasanya paling enak dan mantap kalau dimakan dengan gethuk. Kamu bisa menjumpai makanan khas Kebumen kethek di Kecamatan Karanganyar. Untuk harganya sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 20.000 sampai Rp. 25.000 saja perkilogramnya saja.


Jipang Kacang

Jipang Kacang


Makanan khas Kebumen satu ini terbuat dari bahan-bahan dasar seperti minyak sayur, gula jawa. Setelah itu dicampur dengan kacang juga. Karakteristik makanan khas Kebumen ini manis, legit. Pasti kamu ketagihan saat mencicipinya. Saat digigit, makanan ini akan lengket digigi. Dan ini menjadi daya tarik tersendiri saat kamu mencicipinya. Jipang kacang bisa kamu jumpai dengan mudah di daerah Kalijirejek. Untuk harganya Rp. 6.500 saja perbungkusnya. Murah bukan?

Makanan Khas Kebumen Golak

Golak Singkong

Golak merupakan salah satu jajanan khas dari Karanganyar, Kebumen, Gombong, Cilacap, Banyumas dan wilayah di sekitarnya. Biasanya makanan khas Kebumen golak ini dijual pada saat ada pertunjukan rakyat seperti Kuda Lumping dan Wayang. Bentuk golak ini seperti lanting yang dibuat dengan bentuk angka 8. Akan tetapi, ukurannya lebih besar dari lanting. Kuliner ini sangat enak dimakan ketika masih hangat. Bahan utama untuk membuatnya yaitu dari ketela pohon atau singkong. Kamu bisa mendapatkan golak ini dengan harga 10 ribu per bungkusnya.


Mendoan Waduk Sempor

Mendoan Sempor

Mendoan adalah kuliner yang wajib kamu cicipi saat berada di tempat wisata Kebumen. Makanan khas Kebumen ini sudah populer dan disukai banyak orang. Namun selain dari Kebumen, mendoan juga termasuk salah satu makanan khas Purwokerto yang populer. Nah, buat kamu yang ingin merasakan nikmatnya tempe mendoan ini, kamu bisa menikmatinya dengan harga Rp 3.500-an per potong

Emping Mendem

Emping Mendem

Salah satu oleh oleh khas Kebumen yang bisa anda coba yaitu emping mendem. Makanan ini bentuknya lebih kecil dan lebih padat dari pada dengan emping yang pada umumnya.

Rasanya pun juga sangat bervariasi, ada yang pedas, asin, maupun manis. Untuk makanan khas ini harganya lumayan terjangkau, ya. Sekitar belasan hingga puluhan ribu rupiah. Semua itu disesuaikan dengan yang kamu beli. Mau beli yang packingan, kiloan atau bahkan bal-balan? Semua bisa disesuaikan.


Kue Satu Kacang Ijo

Kue Satu Kacang Hijau


Tahukah kamu, jika selain singkong daerah Kebumen juga merupakan salah satu daerah penghasil tanaman kacang hijau.
Nah, salah satu olahan kacang hijau yang populer disini adalah kue satu. Kue ini dibuat dengan menggunakan tepung kacang hijau yang telah dicampur dengan gula putih dan dipanggang. Cita rasanya yang manis pada kue ini menjadikan lidah kamu bergoyang saat menikmatinya. Harga kue satu ini di toko oleh-oleh mulai dari Rp 15.000.

Sagon Kelapa

Sagon Kelapa


Sagon kelapa juga termasuk salah satu oleh-oleh khas Kebumen yang perlu kamu coba. Makanan khas ini terbuat dari tepung ketan dan parutan kelapa yang pengolahannya dengan dipanggang tipis-tipis.
Sagon kelapa sangat cocok kamu nikmati saat pagi hari sebagai teman segelas teh hangat. Nah, untuk mendapatkan sagon kamu bisa membelinya di toko oleh-oleh atau di pasar tradisional Kebumen. Harga sagon kelapa ini kurang lebih sekitar Rp. 13.000 rupiah saja per kilonya.

Keripik Pisang

Keripik Pisang


Keripik pisang di Kebumen perlu kamu coba karena kerenyahannya lain dengan yang lain. Ada 2 varian keripik pisang, diantaranya asin dan manis. Kamu bisa mendapatkan kripik pisang makanan khas Kebumen ini di berbagai toko yang ada di sepanjang jalan Kebumen ini hanya dengan harga Rp. 13.000 per packnya.







No comments for "Makanan Khas Kebumen Jawa Tengah, Penuh Cita Rasa Istimewa"