Indahnya Momen Sunset Pantai Lembupurwo

Pantai Lembupurwo

Indahnya Momen Sunset Pantai Lembupurwo


Pantai Lembupurwo 


Sebuah pantai yang menawan dan merupakan salah satu tujuan wisata di Kebumen. Pantai Lembupurwo ada di Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai  Lembupurwo menyajikan suasana pantai yang masih alami dengan lagunanya yang menawan.

Asal Usul 


Seperti umumnya pantai-pantai yang berada di Kabupaten Kebumen, pantai ini mempunyai hamparan pasir hitam yang cukup luas sekitar 3 km. Karena letaknya yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia, pantai ini mempunyai karakteristik ombak pantai selatan yang cukup besar dan terkadang berbahaya. Asal usul nama Pantai Lembupurwo berasal dari kata lembu dan purwo dalam bahasa Jawa. Dengan arti sebagai lembu adalah sapi dan purwo adalah asal atau permulaan.

Sandboarding


Pantai Lembupurwo mempunyai gumuk pasir yang cukup luas dengan gunungan pasir yang menjulang tinggi sekitar 7m yang dapat dimanfaatkan untuk sandboarding dengan kemiringan gunung pasir yang halus dan luas ini memang sedang menjadi tren, karena pertimbangan resiko yang muncul sangat kecil karena tidak harus berhadapan dengan ganasnya ombak dan intaian ujung ujung karang tajam. Sebelum mencapai bibir pantai, Anda akan melewati sebuah jembatan bambu yang membelah rimbunan pohon bakau yang ditanam sejak 2010 

Menikmati Laguna


Untuk menikmati laguna yang ada di Lembupurwo, Anda bisa menyewa perahu untuk mengelilingi laguna nan rimbun dan sejuk tersebut. Setelah melewati laguna, Anda akan melalui hutan cemara yang merupakan hasil konservasi KKN UGM tahun 2007/2008 untuk menuju pantai. Selain mempunyai panorama yang indah dan suasana yang asri, pantai ini juga merupakan surga bagi para pemancing karena lagunanya merupakan muara sungai Wawar yang banyak ikannya.

Landscape


Pantai Lembupurwo menyajikan pemandangan sunset dan sunrise  yang menarik tak heran banyak pengunjung yang datang dari pagi sampai petang untuk mengabadikan momen tersebut. Di pantai ini sering juga dijadikan lokasi untuk foto prewedding karena landscape nya yang indah. Meski dikelola oleh masyarakat lokal, berbagai fasilitas telah tersedia di pantai ini misalnya saja kamar mandi umum, area parkir, berbagai wahana permainan sederhana seperti kolam bola dan sepeda air.

Lokasi

Pantai Lembupurwo dapat dicapai dari arah jogja dengan mengarahkan perjalanan ke barat hingga pertigaan temon dan ambil jalan ke arah jalan daendeles hingga sampai di daerah mirit, kemudian belok kiri ke arah pantai, perjalanan sekitar 75 km. Dari arah purwokerto dengan melalui gombong lanjut ke arah karanganyar hingga pertigaan petanahan. Ambil kanan terus saja hingga ujung jalan dan ambil jalan ke arah ambal hingga mencapai desa mirit dan ambil arah menuju pantai.

terimakasih telah membaca artikel kami,semoga bisa lebih bermanfaat dan di bagikan di media sosial kamu

sorce by www.senyawa.eu.org


Post a Comment

Previous Post Next Post