Wajib Kamu Ketahui Jika Ingin Kuliah Manajemen Perhotelan

 Mengenal Program Studi Manajemen Perhotelan

manajemen perhotelan

Senyawa - Jurusan manajemen perhotelan adalah sebuah program studi yang mempersiapkan individu untuk melayani sebagai manajer umum dan direktur operasi perhotelan di seluruh sistem, termasuk pengaturan perjalanan, promosi dan penyediaan fasilitas. Mencakup pengajaran prinsip-prinsip operasi di industri pariwisata, fasilitas hotel dan kamar penginapan,service makanan, dan fasilitas rekreasi, strategi pemasaran perhotelan, perencanaan perhotelan, pengelolaan dan koordinasi waralaba dan unit operasi, manajemen bisnis, akuntansi dan manajemen keuangan, transportasi dan logistik perhotelan, dan kebijakan dan peraturan industri perhotelan.

Manajemen perhotelan akan mempelajari berbagai hal menarik seperti:

  • Manajemen Makanan dan Minuman
  • Manajemen Pemasaran Hotel
  • Manajemen Keuangan Perhotelan
  • Psikologi Layanan
  • Bartending
  • Perilaku Organisasi
  • Patiseri
  • dan lain-lain

Jurusan ini juga melibatkan pengawasan hotel, taman hiburan, pusat hiburan, dan sebagainya. Karena jenis manajemen ini sering membutuhkan keterampilan bisnis khusus, banyak study bisnis telah mulai menawarkan program gelar di bidang-bidang lebih spesifik lainnya. Profesional manajemen perhotelan dapat menjadi manajer umum hotel, manajer eksekutif resor, atau manajer kantor perusahaan tujuan wisata.

Lalu, karena pertumbuhan dalam industri perhotelan dan pariwisata, jurusan manajemen perhotelan kemungkinan akan mempersiapkan mahasiswa untuk bekerja di berbagai posisi entry-level yang mendukung. Posisi berikut tersedia bagi mereka yang memiliki gelar associate dalam manajemen hotel seperti Asisten manajer hotel, Perencana acara, atau Manajer makanan dan minuman. Sementara banyak jurusan manajemen hotel melanjutkan ke posisi sebagai manajer hotel, yang lain mendapatkan pekerjaan di bidang khusus seperti perencanaan acara, katering, tata graha, dan manajemen front desk.

Profesional perhotelan yang terlatih sangat dibutuhkan karena meningkatnya pembangunan hotel dan peningkatan kepuasan nasional dan internasional. Program gelar sarjana mempersiapkan mahasiswanya untuk posisi manajemen di seluruh industri hotel dalam peran seperti:

  • Manajer Katering
  • Direktur Penjualan
  • Manajer Wilayah
  • Manajer Resor
  • Manajer Hotel

Industri Hospitality dan perhotelan jelas menjanjikan prospek kerja yang luas dan sangat baik. Tentu bukan tanpa alasan, Indonesia yang dikenal sebagai negara dengan potensi wisata terbaik memberikan kesempatan besar kepada industri ini agar terus berkembang.

Untuk itu, industri perhotelan sebagai salah satu aspek penting dalam pariwisata, memberikan banyak kesempatan dan prospek kerja yang baik untuk generasi muda Indonesia.

Selain kebutuhan tenaga profesional di perhotelan, program studi ini juga memberikan kamu kesempatan menjadi seorang pengusaha, loh. Penasaran sama jurusan kuliah yang satu ini? Yuk kita simak!


Manajemen Perhotelan itu apa sih? Belajar jadi manager hotel, yah?

Manajemen perhotelan adalah program studi yang memberikan dan mengembangkan pengetahuan, keahlian dan ilmu-ilmu dasar perhotelan. Bukan hanya sekedar itu, kamu juga diajarkan untuk merancang atau merencanakan, produksi, pengawasan dan akomodasi.

Kemampuan bahasa asing, ilmu management, operasional perhotelan dan mengelola bisnis perhotelan juga menjadi materi pembelajaran kamu dalam program studi ini. Program belajar ini tersedia mulai dari D3, D4 hingga S1.

Program ini akan mengajak kamu lebih rutin praktik dibandingkan kelas teori. Mulai dari front office, laundry, housekeeping hingga food and beverage. Kamu juga akan dibekali ilmu teori seperti kemampuan mengatur SDM, pengelolaan keuangan, komunikasi, bahasa asing, program manajerial hingga management makanan dan minuman.

Jika kamu memiliki minat pada sektor pariwisata, jurusan ini sangat tepat untuk kamu. Program belajar yang dominan praktik, membuat proses belajar akan samakin asik. Tapi, tentu saja kegiatan belajar dikelas akan kalian dapatkan untuk menyeimbangkan proses belajar agar cita-cita kalian menjadi pengelola hotel atau pengusaha perhotelan bisa terealisasikan.

Baca Juga : Hubungan Front Office Dengan Food and Beverage Beserta Lainya


Lulusan Manajemen Perhotelan kerja nya apa aja?

Lulusan ini dapat bekerja pada industri perhotelan dan kapal pesiar. Atau kalian bisa bekerja pada biro perjalanan wisata atau travel agent atau mungkin menjadi konsultan perjalanan wisata atau membuka usaha perhotelan sendiri.

Profesi dan karir lulusan program studi sebenarnya cukup banyak dan luas, seperti Perencanaan Meeting, Convention dan acara, manager administrasi sevis, manajer penginapan, barista, pemandu tur, manajer umum dan operasional, manajer layanan makanan, baker, chef dan kepala koki dan agen perjalanan

Apalagi, pembekalan saat training di hotel-hotel bintang lima dapat memperluas kesempatan kamu berkarir pada top level di berbagai industri. Kesempatan program ini sebenarnya sangat luas dan tidak melulu mengenai perhotelan, karena pengembangan diri melalui management dan bahasa asing dapat kamu maksimalkan pada industri manapun.


Rekomendasi Kampus Perhotelan Terbaik

Dengan segala kesempatan dan peluang yang besar ini akan lebih sempurna jika kamu memilih kampus Perhotelan yang memiliki program terbaik dengan materi standar internasional. Politeknik Internasional Bali adalah kampus perhotelan di Bali yang memiliki program belajar yang secara khusus dibuat untuk individu yang memiliki impian menjadi pengusaha maupun tenaga kerja profesional di bidang perhotelan atau hospitaliti.

Dengan fasilitas lengkap seperti laboratorium hotel, beverage, restaurant, cafe dan bar yang dapat mendukung proses belajar, tentunya telah disesuaikan dengan standar industri internasional.

Program D4 Management Perhotelan di Politeknik Internasional Bali memiliki kurikulum dengan proporsi kelas praktik lebih banyak dibandingkan kelas teori, dan telah disusun secara komprehensif dan disesuaikan dengan kebutuhan industri saat ini.

Mahasiswa PIB akan dipersiapkan menjadi tenaga kerja profesional dalam industri perhotelan melalui pengalaman belajar melalui kerja praktek, pembekalan kewirausahaan, leadership, bahasa asing, manajemen keuangan, dan ilmu terkait lainnya untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan dalam industri ini.

Sebelum memasuki industri perhotelan, kemampuan dan ilmu yang dimiliki tentunya sangat penting. Untuk itu, pengembangan diri dimulai dari memilih kampus perhotelan terbaik agar ilmu dan kemampuan kamu terbentuk dengan baik.


Sudah yakin mau pilih jurusan satu ini?

Post a Comment

Previous Post Next Post