Wajib Kamu Ketahui Bagian-Bagian Kitchen Dan Tugasnya Di Dapur Hotel

 Bagian-Bagian Kitchen Dan Tugasnya Di Sebuah Dapur Hotel

Senyawa Bagian-bagian kitchen dan tugasnya di sebuah hotel sangat beragam. Pekerjaan mereka dibagi sesuai dengan posisi yang ditempati. Setiap posisi memiliki tugas dan tanggung jawab yang berebeda tetapi dengan tujuan yang sama. Mereka harus bisa mengolah semua jenis makanan yang akan disajikan pada tamu yang memesan. Dapur atau kitchen sendiri memiliki peranan yang sangat penting di sebuah hotel. Mereka memiliki pengarus yang besar terhadap pendapatan hotel. Bahkan tidak sedikit hotel yang sangat mengkamulkan olahan makanan dari dapur mereka untuk menarik banyak tamu datang.

Kitchen sendiri secara definisi memiliki arti tempat atau ruangan untuk mengolah berbagai macam makanan. Dapur sendiri dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan jenis makanan yang akan diolah.

bagian-bagian kitchen

Kitchen Section in Hotel

Kitchen section atau bagian-bagian dapur di sebuah hotel dibagi menjadi beberapa posisi. Berikut bagian-bagian kitchen dan tuganya.

Pantry Section


Bagian pantry di sebuah dapur hotel memiliki tugas dan bertanggung jawab atas pengadaan makanan untuk sarapan pagi atau breakfast. Mulai dari membuat jus buah dan menyiapkan buah segar. Menyediakan beberapa jenis roti sebagai danish, croissant, atau toast. Kemudian memasak eggs dishes, baik boiled, poached, fried, scrambled dan omelettes. Menu-menu yang dihadirkan setiap hotel juga bisa berbeda satu sama lain.


Garde Manger Section

Garde manager merupakan salah satu bagian yang ada di dapur yang bertanggung jawab atas pengadaan bermacam-macam makanan pembuka atau appetizer. Mulai dari membuat salad dan saus dingin. Kemudian membuat makanan dingin atau cold appetizer. Lalu membuat sandwiches, canape dan savouries. Setelah semua sudah siap, bagian ini juga yang bertugas untuk menata dan disajikan pada buffet.

Entremetier Section

Entremetier adalah salah satu bagian kitchen yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk pengadaan berbagai macam olahan sayuran, kentang, sop dan pasta.

Saucier Section

Saucer merupakan bagian kitchen yang memiliki tanggung jawab dan tugas untuk melakukan pengadaan semua makanan dengan karakter panas, seperti sauce panas termasuk grilling dan roasting. Selain itu bagian ini juga bertugas untuk membuat garnish dan menata makanan yang sudah diolah siap untuk dihidangkan pada tamu hotel.

Butcher Section

Butcher adalah bagian lain dari kitchen yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengadaan berbagai macam daging seperti, seperti ikan, pork, veal, beef, dan chicken, serta portion chart. Selain itu bagian ini juga yang bertugas untuk memotong tulang sebagai bahan dasar makanan bagi bagian kitchen lain yang membutuhkan.

Pastry Section

Pastry adalah bagian kitchen yang bertanggung jawab untuk mengolah semua jenis roti dan kue yang dijadikan sebagai dessert. Bagian ini memiliki tugas dan tanggung jawab atas semua jenis olahan dessert, baik dari buah, saus manis, sampai membuat ice cream.

Bakery Section

Bakery adalah bagian lain dari dapur yang bertanggungjawab atas semua jenis makanan untuk dessert dengan metode pengolahan dengan cara  di anggang termasuk bread. Bagian ini yang bertugas membuat semua jenis roti seperti sandwich, french bread, rolls, dan lain sebagainya.

Patisserie Section

Patisserie merupakan bagian dapur dari pastry yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengolahan makanan dessert, ice cream dan lain nsebagainya.

Fish Section

Fish section adalah salah satu bagian kitchen yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk pengolahan berbagai macam bahan dari ikan dan hasil laut. Selain itu bagian ini juga memiliki tugas untuk membuat saus panas dan garnish untuk semua makanan yang mereka olah.

Roast Section

Bagian selanjutnya yang berada di dapur adalah seksi roast. Bagian kitchen ini memiliki tugas untuk memasak semua jenis makanan dengan bahan dasar dari daging dan unggas. Diolah dengan metode metode roasting maupun bakar, serta grilling atau pun dipanggang.

Vegetables Section

Bagian kitchen yang berikutnya adalah seksi vegetables. Bagian ini memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengolah berbagai macam makanan dengan bahan dasar sayur.

Bagian-bagian kitchen di atas biasanya dihadirkan untuk sebagai struktur organisasi dapur hotel dengan kapasistas yang luas dan lengkap. Tetapi dengan kapasitas yang lebih kecil dan sederhana, biasanya bagian-bagian kitchen hanya berisis beberapa seksi saja. Berikut struktur organisasi untuk dapur yang lebih kecil dan sederhana.

Hot Kitchen

Bagian hot kitchen ini memiliki tugas untuk mengolah semua bahan makanan makanan yang menjadi tugas dari saucier dan entremetier pada srtuktur organisasi versi lengkap.

Cold Kitchen

Bagian cold kitchen ini memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengolah makanan yang sebelumnya menjadi dari tugas dan tanggung jawab dari bagian larder.

Pastry

Pada dapur khusus, artinya dengan stkamur lebih sederhana bagian ini lebih sering ditiadakan. Alasannya jelas, karena pastry memerlukan alat khusus dengan biaya cukup mahal. Selain itu bagian kitchen ini memerlukan ruangan khusus dengan fasilitas pengatur suhu.

Jadi ini adalah bagian-bagian kitchen dan tugasnya sesuai dengan posisi yang ditempati. Struktur akan lebih detail ketika berapa di hotel besar dengan stkamur internasional. Karena tamu yang hadir jelas dari kalangan kelas atas. Sedangkan bagian-bagian kitchen akan lebih minimalis untuk hotel dengan stkamur atau targert market dari kelas ekonomi menengan kebawah.

Bagi kebanyakan dari kita, judul kitchen-hand memunculkan gambaran mencuci tumpukan piring yang tak ada habisnya di dapur yang panas dan berventilasi buruk. Untungnya, bekerja di dapur komersial saat ini bisa menjadi pengalaman yang sangat berbeda dan bermanfaat.

Apa yang dilakukan tangan dapur?

Tanggung jawab dan tugas seorang juru masak dapat sangat bervariasi berdasarkan pengalaman dan kebutuhan unik dari peran saat ini.

Kami telah menyusun daftar tugas dan tanggung jawab paling umum dari seorang juru masak, yaitu;

  • Menjaga area persiapan makanan tetap bersih
  • Membersihkan peralatan dan peralatan dapur 
  • Bersihkan bangku, lantai, oven, dan rentang
  • Menerima, mengangkat, menangani, dan menyimpan pengiriman makanan
  • Mengambil makanan seperti yang diminta oleh koki
  • Membantu menyiapkan makanan
  • Cuci piring, panci dan peralatan makan
  • Memastikan area kerja tetap bersih
  • Membuang sampah

Seperti yang dapat kamu lihat dari daftar pendek kami, peran tersebut melibatkan lebih dari sekadar mencuci piring, tetapi merupakan bagian penting dari proses produksi makanan. Tangan dapur harus dapat bertindak cepat dan mandiri dengan mengembangkan rasa yang tajam tentang apa yang perlu dilakukan dan pada interval berapa.

Kondisi kerja di dapur komersial

Lingkungan dapur komersial bisa agak keras. Ini panas, beruap dan bergerak cepat, jelas bukan pekerjaan yang glamor dengan imajinasi apa pun, dan memiliki beberapa bahaya tersembunyi seperti terpeleset, jatuh, terpotong dan bahaya percikan. Dalam artikel terbaru, kami membahas bahaya tersembunyi di dapur dan cara menghindari cedera.

Seperti semua staf dapur lainnya, pekerja dapur akan menghabiskan sebagian besar waktunya dengan berdiri. kamu harus sehat secara fisik dan secara umum aktif untuk memenuhi tuntutan pekerjaan dengan banyak shift yang diperpanjang lebih dari 8 jam.

Karena tangan dapur bertanggung jawab untuk menjaga dapur tetap berbentuk kapal, mereka cenderung menjadi yang pertama tiba dan terakhir pergi untuk memastikan dapur siap untuk shift berikutnya.

Tergantung pada jam buka restoran majikan kamu, kamu mungkin diminta untuk bekerja di pagi hari, makan siang atau untuk makan malam dan pekerjaan akhir pekan sehingga jadwal shift bergilir adalah norma.

Berapa penghasilan tangan dapur?

Di Australia, upah rata-rata mingguan untuk pekerja dapur adalah sekitar $850 per minggu, tetapi angka tersebut diperkirakan akan bervariasi tergantung pada hari dan waktu kamu bekerja. Tangan dapur, khususnya, sering bekerja lebih dari 37,5 jam per minggu. Berapa banyak yang kamu hasilkan akan bergantung pada restoran tempat kamu bekerja, nilai yang kamu berikan, dan seberapa baik kamu dihargai.

Saat memulai yang terbaik untuk fokus pada mengasah keahlian kamu dengan memperluas pengetahuan kamu tentang operasi dapur daripada berfokus pada uang. Strategi ini akan membuktikan nilai kamu sebagai ahli dapur, atau jika kamu memiliki cita-cita menjadi manajer dapur atau koki.

Keterampilan yang perlu kamu kuasai untuk menjadi ahli dapur.

Seperti halnya peran apa pun, kemampuan kamu untuk melakukan pekerjaan dan etos kerja kamu secara dramatis meningkatkan peluang kamu untuk sukses. Beberapa keterampilan dan atribut yang meningkatkan kemungkinan pekerjaan adalah;

  • Sertifikat dalam Operasi Dapur
  • Keterampilan komunikasi yang sangat baik
  • Menyenangkan, sifat kooperatif
  • Fleksibilitas untuk bekerja shift atau lembur.

Setelah kamu mendapatkan peran kamu, sangat penting untuk meningkatkan posisi kamu dengan terus mengembangkan dan lebih mengasah keahlian kamu. Tetap up-to-date dengan berita dan tips dari para profesional industri untuk lebih memperluas pengetahuan kamu. Ajukan pertanyaan, belajarlah dari rekan-rekan kamu di setiap kesempatan.

Mengapa restoran yang sukses menghargai staf dapur mereka?

Dikatakan bahwa jika kamu dapat menahan kecepatan dapur dan tekanan yang datang dengan peran tersebut, kamu dapat menangani apa saja. Tangan dapur adalah pengambil keputusan dan diharapkan mengetahui di mana semuanya berada, menangani dan menyimpan pengiriman, mengambil, membersihkan, dan bahkan membantu menyiapkan makanan sesuai kebutuhan.

Kemampuan seorang kitchen hand untuk menangani tanggung jawab dan masalah sehari-hari yang muncul akan berdampak signifikan pada kesuksesan sebuah restoran. Bagi mereka yang berhasil menyerap kekayaan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan operasi dapur sehari-hari tanpa menyerah, menjadi anggota tim yang benar-benar berharga.

Bagaimana supaya tetap tenang saat berada di bawah tekanan

Mampu tetap tenang saat berada di bawah tekanan sangat penting ketika bekerja di lingkungan kerja yang serba cepat. Pekerja dapur terutama mengalami stres yang cukup besar selama jadwal kerja sehari-hari mereka.

Sebagian besar pekerja dapur yang berpengalaman menangani tugas-tugas rutin dengan mudah, namun, merasa sulit ketika diminta untuk membawa beban kerja ekstra yang disebabkan oleh keadaan yang tidak terduga.

Jadi untuk membantu kamu mengatasi gangguan tak terduga pada hari kerja kamu, kami telah menyusun daftar tips tentang cara tetap tenang saat berada di bawah tekanan, yaitu;

  • Miliki rutinitas harian yang teratur
  • Tetap fokus pada apa yang perlu dilakukan
  • Pecah tugas besar menjadi yang lebih kecil
  • Jangan terpaku pada hal-hal negatif
  • Jangan takut untuk meminta bantuan
  • Fokus membantu orang lain
  • Beristirahatlah secara teratur
  • Batasi asupan kafein
  • Tetap terhidrasi.

Dengan menerapkan strategi sederhana ini ke hari kerja kamu akan sangat membantu kamu untuk tetap fokus pada setiap tugas. Kemampuan kamu untuk memenuhi kesempatan dan memenuhi kebutuhan setiap hari membantu memperkuat tempat dan nilai kamu di dapur.

Tetap bahagia di tempat kerja

Kita semua pernah mengalami saat dalam karir kerja kita ketika pekerjaan kita mulai kehilangan kilau seperti dulu. Terlalu sering, kita cepat menyalahkan orang lain dalam organisasi daripada menganggap ketidakpuasan kita mungkin merupakan cerminan dari ketidakmampuan kita sendiri untuk mengatur keseimbangan kehidupan kerja kita. Jadi, jika pekerjaan kamu akhir-akhir ini menjadi semakin membosankan, mungkin sudah waktunya untuk melihat lebih dekat bagaimana kamu bekerja dan bersantai.

  • Rencanakan hari kerja kamu
  • Tanyakan bagaimana kamu dapat membantu orang lain
  • Hindari keracunan di tempat kerja
  • Jangan membebani diri sendiri
  • Tinggalkan masalah pribadi kamu di rumah
  • Berolahraga secara teratur
  • Bangun minat di luar pekerjaan
  • Pekerjaan harus meningkat bukan membanjiri hidup kita
  • Perlakukan orang lain sebagaimana kamu berharap diperlakukan
  • Beristirahatlah yang banyak

Final thoughts

Ada saatnya dalam kehidupan setiap orang, tidak peduli arah apa yang kita kejar dalam karir kita, kita semua akhirnya bertanya-tanya apakah jalan yang kita pilih adalah pilihan yang tepat. Saya tidak berpikir ada orang yang bangun pada suatu pagi dengan wahyu mengejar peran dapur-tangan.

kamu lihat, tukang dapur adalah salah satu dari banyak pekerjaan layanan di mana terlepas dari tingkat kepatuhan yang tinggi yang diperlukan, kamu tidak akan mungkin menerima rasa terima kasih dari siapa pun yang kamu layani.

Untungnya, ini tidak berarti peran tangan dapur tanpa pamrih. Sebaliknya, peran tangan dapur adalah salah satu posisi paling berharga di dapur komersial saat ini, kedua setelah koki.

Post a Comment

Previous Post Next Post