Kerja Di Kapal Pesiar Bisa Keliling Dunia Dan Dibayar

Kerja Di Kapal Pesiar

 Kerja Di Kapal Pesiar Bisa Keliling Dunia Dan Dibayar


Pernah terbayang tidak kerja di kapal pesiar? Beberapa orang mungkin menganggap jika profesi seperti ini sangat memerlukan pengorbanan sebab tidak bisa pulang ke rumah. Namun jika dipikir ulang, ada banyak keuntungan yang bisa kamu didapatkan, terlebih lagi jika Kamu masih muda. Maka pekerjaan ini sangat cocok untuk dipilih.


Seperti yang telah kita ketahui, keuntungan yang paling sering dirasakan adalah memiliki gaji yang cukup besar. Tapi apakah ada keuntungan lainnya? Nah, berikut ini adalah penjelasan mengenai keuntungan dan beberapa hal lain Kamui bekerja di kapal pesiar.

Keuntungan Kerja di Kapal Pesiar


Bisa Travelling Keliling Dunia

Apakah Di antara kalian ada yang memiliki hobi travelling? Mungkin rasanya asyik sekali jika bisa mengunjungi beberapa negara yang sebelumnya belum pernah kita kunjungi. Pengalaman seperti ini tak bisa diperoleh jika Kamu tidak memiliki pekerjaan di kapal pesiar. Sebab bekerja di kapal pesiar hampir sama dengan Kamu melakukan perjalanan liburan ke luar negeri. Sederhananya Kamu bisa bekerja sambil liburan.

Hal ini merupakan sisi positif ketika bekerja di kapal pesiar karena bisa memperkaya pengalaman dalam dunia pariwisata. Mengunjungi banyak negara, bisa berkeliling dunia bahkan bertemu aneka ragam karakter manusia dan kebudayaannya. Tentu menjadi salah satu pengalaman paling berharga yang bisa dicapai selain mendapatkan pekerjaan di kapal pesiar.


Paham Akan Budaya Negara Lain

Keuntungan lain yang bisa diperoleh adalah bisa mengetahui bagaimana keragaman budaya dari negara lainnya. Contohnya saja jika Kamu berlayar ke daratan Eropa atau Asia, maka Kamu pun dapat mengetahui bagaimana negara-negara tersebut punya budaya menarik yang tidak sama dengan negara kita.

Bukan hanya kerja di kapal pesiar, dengan mempelajari budaya orang lain tentu akan memberikan pengalaman yang mengesankan. Artinya Kamu pun dapat bertindak sesuai dengan budaya mereka agar tidak menyinggung.

Punya Hidup Lebih Disiplin

Sisi positif yang bisa dirasakan ketika bekerja di kapal pesiar adalah akan terbiasa hidup dengan rapi, disiplin, bahkan selalu tepat waktu. Hal ini juga menjadi pengaruh dalam kehidupan sehingga bisa menjadi orang yang berkarakter mampu menghargai waktu dan juga peraturan.


Jenis Pekerjaan di Kapal Pesiar

Pelayan Bar atau Bar Waiter

Pekerjaan pertama di dalam kapal pesiar adalah pelayan bar, profesi ini banyak sekali diminati. Dan profesi ini berada dibawah departemen food and beverage. Mengenai tugas utama dari profesi ini adalah menyajikan makanan dan minuman serta melakukan koordinasi dengan pengawas bar. Bukan hanya punya pekerjaan yang cukup menyenangkan.

Rupanya pekerjaan ini memiliki gaji yang cukup besar. Yaitu sekitar 26 juta sampai 40 juta dalam perbulan, tapi hal itu juga akan tergantung mengenai jenis kapal pesiar. Angka itu juga belum termasuk tip yang biasanya diberikan apabila kinerja dari pekerja yang sangat memuaskan.


Pelayan Kabin Atau Room Steward

Berikutnya merupakan pelayanan cabin atau disebut juga room steward. Posisi ini memang banyak dicari dikarenakan kebutuhan yang banyak. Profesi ini akan berada dibawah departemen housekeeping and accommodation dengan tanggung jawabnya untuk membersihkan area umum beserta kabin tamu yang ada di kapal pesiar.

Bukan hanya itu saja, pelayanan kabin ini juga akan menerima laundry jika tamu meminta bantuan. Bukan hanya harus punya pengalaman, tapi menjadi seorang kabin dituntut untuk selalu mampu melakukan komunikasi dengan memakai bahasa Inggris. Mengenai gaji dari seorang pelayan ini juga cukup besar apalagi mengingat posisinya yang sangat dibutuhkan. Dimana kamar adalah salah satu bagian paling vital untuk tamu di kapal pesiar.


Dokter Paramedis

Berlayar dalam kurun waktu berbulan-bulan bersama ribuan tanpa adanya sistem kebijakan kesehatan tentu sangat berisiko. Dokter beserta paramedis sangat diperlukan dalam menjaga para tamu agar tidak terjadi hal-hal berbahaya dalam perihal kesehatan.

Apabila Kamu mempunyai latar belakang menjadi seorang dokter ataupun tenaga medis maka posisi ini cukup menarik. Bukan hanya bisa bekerja, Kamu pun juga bisa berlibur di atas kapal Mekah selama beberapa bulan. Agar bisa mendapatkan posisi ini juga tidak mudah loh, sebab Kamu harus memiliki sertifikat punya pengalaman serta lisensi. Bahkan Kamu pun akan bersaing dengan tenaga medis dari beberapa negara seperti Inggris, Amerika atau bahkan Australia.


Manajer Restoran

Kerja di kapal pesiar juga ada posisi manajer restoran yang akan masuk ke dalam departemen food and beverage. Yang mana posisi ini memiliki tanggung jawab dalam mengendalikan operasional restoran dan juga melakukan koordinasi dengan general manager atau Hotel manager.

Secara lebih spesifik, manajer restoran seperti ini memiliki tugas atas seluruh aktivitas pelayanan makanan yang ada di dining room, restoran tematik dan semua atlet makanan di dalam kapal tersebut. Bahkan seorang manajer juga mampu mengatur meja makan penumpang.

Syarat Kerja di Kapal Pesiar

Umur 20 Tahun Ke Atas

Untuk Kamu yang sudah memasuki usia 20 tahun maka bisa mendaftarkan diri untuk kerja di kapal pesiar. Tapi ada pula beberapa perusahaan yang menawarkan lowongan kerja dengan minimal usia 21 tahun. Pada intinya hal ini juga akan tergantung pada masing-masing perusahaan.


Memiliki Pengalaman Minimal Selama 6 Bulan

Syarat berikutnya, para pelamar juga harus punya pengalaman minimal selama 6 bulan. Biasanya perusahaan akan lebih memprioritaskan orang-orang yang sebelumnya sudah pernah bekerja dalam bidang seperti ini. Di mana peluangnya memang sangat besar untuk diterima atau bisa masuk ke dalam tahap tes selanjutnya.

Daftar Riwayat Kesehatan

Selanjutnya untuk bisa bekerja di kapal pesiar adalah mempunyai tubuh yang sehat, diutamakan tidak memiliki penyakit menahun ataupun menular dan yang paling penting tidak buta warna. Jadi, ketika terdapat pelamar yang memiliki kelas 1 lewat kesehatan tentu tidak akan bisa diterima menjadi bekerja di kapal pesiar.

Memiliki Latar Belakang Pendidikan

Seperti yang telah kita ketahui jika seseorang tidak berpendidikan tinggi maka akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan sebagai pelaut. Karena syarat utama dari pelamar ialah memiliki latar belakang pendidikan. Serta sangat diutamakan latar belakang pendidikan tersebut sesuai dengan bidang pekerjaan yang diinginkan. Minimal ijazah SLTA harus dimiliki dan juga mampu berkomunikasi dengan memakai bahasa asing dengan lancar.

Mempunyai Beberapa Dokumen Penting

Di antara dokumen tersebut adalah sertifikat BST, punya buku identitas seperti paspor, punya buku pelaut atau sertifikat lain yang memang wajib dimiliki oleh calon pekerja di kapal pesiar. Tapi ada pula perusahaan tertentu yang memiliki kebijakan dengan mewajibkan memiliki dokumen lain.

Contohnya saja seperti dokumen fire fighting, crisis and crowd management. Di mana hal itu akan tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan.

Nah, dengan penjelasan di atas tentu sangat menarik bukan jika bisa kerja di kapal pesiar? Tapi tentu saja Kamu juga harus bisa memenuhi persyaratan yang diajukan oleh perusahaan.

Post a Comment

Previous Post Next Post