Struktur Organisasi Dapur Hotel Ini Wajib Siswa Magang Pelajari!

Struktur Organisasi Dapur Hotel

Struktur Organisasi Dapur Hotel


Untuk kamu yang tidak belajar ilmu perhotelan tentu akan kebingungan jika dapat pertanyaan mengenai apa saja struktur organisasi dapur hotel. Namun, untuk beberapa orang yang merupakan anak magang wajib mempelajari hal-hal tersebut. 


Jika kamu penasaran apa saja struktur organisasi yang ada di hotel, maka berikut ini adalah penjelasan lengkap untuk kamu:


Bagian-bagian Kitchen Dan Tugasnya

Langkah pertama yang harus kamu ketahui adalah bagian-bagian yang ada di kitchen. Perlu diketahui jika dapur hotel ataupun kapal pesiar memiliki beberapa bagian. Dimana masing-masing bagian tersebut punya peranan atau tugasnya tersendiri. Dengan cara itu, proses membuat makanan akan berjalan lancar sebab bahan pun akan diletakkan sesuai dengan bagiannya.


Berikut ini merupakan struktur organisasi dapur yang patut untuk dipahami

Pantry Section

Untuk yang pertama merupakan bagian pantry section yang memiliki tugas untuk menyiapkan makanan breakfast.  Bagian ini memiliki fungsi dalam menyiapkan aneka ragam makanan yang nantinya akan diolah menjadi breakfast. Kemudian pantry section juga memiliki peranan penting karena memiliki tanggung jawab untuk bisa menyiapkan makanan kepada para tamu.


Bagian Roast Section

Tugas yang dimiliki bagian roast section iyalah memasak makanan yang terbuat dari ikan, daging juga poultry yang proses memasaknya memakai mode roasting. Kemudian untuk bumbunya menggunakan saus dan garnish pada makanan tersebut. 

Bagian Grill Section

Tugas yang dimiliki bagian grill section adalah memasak makanan yang terbuat dari seafood, daging dan juga poultry. Sedangkan untuk proses memasaknya adalah dengan dipanggang ataupun digoreng. 

Bagian Sauce Section

 Berikutnya ada bagian sauce section yang memiliki tugas untuk memasak makanan yang terbuat dari daging dan juga poultry. Untuk metode memasak ini adalah metode panas basah seperti steaming, boiling, braising dengan menggunakan bumbu garnish ataupun sauce

Peran Dan Fungsi Kitchen

Bukan hanya struktur diatas, ada beberapa bagian lain yang memiliki peranan atau fungsi kitchen yang tak kalah penting untuk keberlangsungan kegiatan yang ada di hotel ataupun kapal. Yakni:

Menjadi Butcher Section

Butcher merupakan nama lain dari kitchen yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengadaan berbagai macam daging. Contohnya saja seperti daging ayam, beef, daging babi, ikan, veal, dan juga portion chat.

Bukan hanya itu, bagian ini pun juga memiliki tugas untuk memotong tulang yang digunakan untuk bahan dasar makanan. Jika saja terdapat bagian dapur lain yang memerlukan.

Pastry Section

 Pastry menjadi bagian kitchen yang memiliki tanggung jawab dalam pengolahan seluruh jenis kue ataupun roti yang akan digunakan menjadi dasar. Untuk olahan lain yang juga berada di tanggung jawab mereka adalah buah, saus manis bahkan sampai penyediaan es krim.

Bakery Section

Bakery menjadi bagian lain yang berasal dari dapur, untuk bagian ini hampir sama dengan sebelumnya yaitu bertanggung jawab atas makanan seperti dessert. Tapi pada bagian ini akan memiliki peranan dalam menyediakan seluruh jenis makanan yang cara pengolahannya dengan dipanggang bread.

Bagian ini memiliki tugas untuk membuat semua jenis roti dimulai dari rolls, French bread, sandwich dan lain sebagainya.

Fish Section

 Ada fish section yang memiliki tugas dalam pengolahan berbagai macam bahan ikan yang berasal dari hasil laut. Kemudian pada bagian ini juga memiliki peranan dalam pembuatan saus panas dan garnish untuk seluruh hidangan yang diolah.

Bagian Roast Section

Untuk selanjutnya merupakan bagian roast section, untuk bagian ini memiliki peranan penting dalam memasak seluruh jenis makanan yang berbahan dasar dari unggas ataupun daging. Dalam metode masakannya akan menggunakan grilling dan juga metode roasting.

Vegetables Section

Mengenai bagian berikutnya adalah vegetables section, memiliki peranan penting dalam mengolah berbagai macam makanan yang berbahan dasar dari sayur-sayuran.


Istilah-istilah Dalam Dunia Pedapuran

Perlu kamu ketahui penghasilan dari sebuah hotel ataupun kapal pesiar dari adanya penjualan kamar serta penjualan dari makanan ataupun minuman. kamu pun juga harus tahu mengenai departemen-departemen yang memiliki hubungan dengan penjualan makanan atau minuman tersebut. Departemen ini memiliki tugas memberikan jasa pelayanan untuk tamu.

Departemen tersebut memiliki istilah-istilah yang wajib dipahami oleh anak magang. Jika saja istilah sepertinya tidak bisa dipahami tentu tidak akan bisa bekerja dengan baik. Sebab tidak mengetahui apa arti dari istilah tersebut. Nah, berikut ini merupakan penjelasan dari istilah-istilah yang ada di dunia perdapuran.


Sequence of Service

Memang sudah menjadi SOP pelayanan yang dimulai dari welcoming the guest mana greeting dilanjutkan escorting. Kemudian adanya presenting the menu, taking order beverage atau repeat order. Bukan hanya itu saja, layanan dari hotel ini juga terdapat taking order food menu, serve the food to the guest, Lalu ada layanan adjusting the table.

Setelah itu, istilah lain dalam dunia pada dapur seperti offer the dessert menu, kemudian ada taking order desert, save the sheep yang selanjutnya akan melakukan tugas dengan sesuai request dari kamu. Lalu akan ada layanan stkamur baik take care the guest.

Waiter/Waitress

Waiters merupakan karyawan restoran hotel yang memiliki peranan penting dalam melayani kebutuhan makanan ataupun minuman dari para pelanggan hotel. Mereka akan memberikan pelayanan yang profesional dimulai dari pertama tamu datang sampai tamu tersebut selesai makan.

Jika ditinjau dari istilah writers, maka dapat berarti seseorang yang memiliki tugas ataupun bekerja dalam bidang penyajian. Nah, dalam bidang ini menyajikan suatu makanan ataupun minuman. Waiters adalah salah satu pekerjaan yang berada pada bagian atlet food and beverage department. Contohnya saja seperti restoran, bar, room service ataupun bagian banquet.

Istilah Set up Table

Selanjutnya merupakan istilah set up table yang menjadi rangkaian kegiatan dalam mengatur ataupun melengkapi meja makan dengan aneka ragam peralatan makan. Bukan itu saja, istilah ini juga akan melengkapi berbagai macam peralatan penunjang lain yang akan menyesuaikan dari jenis hidangan yang disajikan.

Biasanya kegiatan ini akan terdiri dari angkatan makan yang rapi, bersihkan siap untuk dipakai. Terdiri dari alat chinaware, pemutihan peralatan dari silverware, peralatan dari kategori glassware, kemudian peralatan dari linen. Semua peralatan tersebut disusun secara lengkap untuk perorang.

Istilah Clear up

Untuk istilah selanjutnya adalah clear up yang merupakan proses pengambilan peralatan makan yang sudah kotor ketika tamu sudah selesai makan. Contohnya seperti mengambil gelas, plate, alat cutleries. Namun biasanya sebelum melakukan kegiatan clear up, harus memastikan terlebih dahulu apakah tamu tersebut betul-betul selesai.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai bagaimana struktur organisasi dapur yang ada di hotel. Pastikan Ketika kamu memutuskan untuk masuk ke dalam dunia perhotelan paham akan hal tersebut. Jika tidak, tentu kamu kesusahan dalam menjalankan tugas. Dijamin pekerjaan akan berjalan lancar.

sorce https://www.senyawa.eu.org/2021/01/hubungan-front-office-dengan-food-and.html

Post a Comment

Previous Post Next Post