Pengertian Hotel Berdasarkan Pada Penampilannya Dan Standar Pelayanannya

Pengertian Hotel

Pengertian Hotel

Pengertian hotel adalah suatu rumah kontrakan yang ditawarkan untuk keperluan tinggal tamu, baik orang-orang maupun barang. Hotel dibedakan menjadi hotel bintang satu hingga bintang lima berdasarkan pada penampilannya dan standar pelayanannya.

1. Receptionist







Resepsionis adalah orang pertama yang dilihat tamu saat memasuki hotel. Resepsionis bertanggung jawab untuk menyambut tamu, memeriksa mereka masuk dan keluar dari kamar mereka, menangani keluhan dari tamu dan mengoordinasikan permintaan kamar. Ini juga merupakan tugas mereka untuk memberikan informasi tentang fasilitas yang ditawarkan di hotel seperti restoran atau layanan spa.

2. Pelayan tamu di restoran








Apa pekerjaan seorang pelayan di hotel?

``Pekerjaan seorang pelayan memang banyak, namun yang paling sering dilakukan adalah melayani tamu. Seorang pelayan berperan penting dalam menjaga kebersihan dan kondisi restoran di dalam hotel. Dalam melayani tamu, seorang pelayan dapat berperan untuk membuat suatu pengaturan acara harian bagi tamu, antara lain:

  • Memastikan bahwa setiap letak meja yang diduduki oleh tamu berada dalam kondisi prima dan siap untuk penggunaannya;

  • Memastikan bahwa semua peralatan dan kebutuhan yang diperlukan untuk pembuatan makanan sesuai dengan permintaan aturan;

3. Pengawas kamar

Pengawas kamar adalah orang yang memiliki tugas mengawasi tamu agar tidak memperlihatkan kelebihan ataupun kekurangan. Pengawas kamar harus jeli dalam mengawasi tamu. Tugasnya ialah memastikan bahwa seluruh barang yang dibawa oleh tamu dan para tetamunya masuk ruangan dengan aman dan tepat waktu.

4. Housekeeping










  • Housekeeping adalah suatu bidang pekerjaan yang memiliki sejumlah tugas yang harus dilakukan.
  • Setiap memberikan pelayanan kepada para tamu, housekeeping juga akan mengkaji dan melakukan pengolahan sarana dan prasarana serta fasilitas di rumah makan atau hotel, baik itu kamar, restoran atau lobi.
  • Tugas utama dari housekeeping adalah membersihkan dan menyiram rias kamar dengan air hangat serta mengatur kebersihan objek wisata seperti toilet dan area lainnya yang berhubungan dengan kebersihannya.

5. Pelayan laundry

Binatu adalah salah satu fungsi terpenting di hotel. Staf binatu harus mencuci pakaian tidur, handuk, dan jubah mandi setiap hari. Mereka harus memastikan bahwa semua kamar tamu dilengkapi dengan handuk dan seprai bersih. Pekerja binatu dapat dibagi menjadi dua kelompok: pengawas binatu dan staf binatu.

Tanggung jawab supervisor termasuk merencanakan dan mengatur kegiatan sehari-hari untuk tim mereka; melatih anggota baru; memeriksa apakah semuanya dilakukan dengan benar; mengawasi operasi selama jam sibuk (waktu sarapan) atau ketika ada banyak tamu yang menginap di hotel.

Adapun tugas mereka sendiri, mereka melakukan tugas pembersihan rutin seperti mencuci pakaian, melipatnya dengan rapi di gantungan baju atau menyetrikanya tergantung pada apa yang perlu dilakukan terlebih dahulu sebelum meletakkannya kembali ke rak setelah mengeringkannya sepenuhnya.

6. Operator telpon

Operator telpon (Telphone Operator) adalah seseorang yang mengontrol dan mengawasi komunikasi di dalam hotel. Peran operator adalah membantu tamu menemukan informasi atau membantu dengan masalah apa pun yang mungkin timbul.

Catatan: Seringkali orang ini adalah karyawan hotel, bukan kontraktor independen.

Conclusion

Di tempat ini, para pegawai disebut sebagai "hotel staff", dan kebanyakan dari mereka tidak akan memiliki kunci kamar (key) ataupun kartu identitas. Ini adalah cara yang sederhana untuk menyandarkan diri pada Permanen/Holt


Post a Comment

Previous Post Next Post