6 Tips Menentukan Pisau Yang Sempurna Untuk Keperluan Dapurmu - senyawa.eu.org

6 Tips Menentukan Pisau Yang Sempurna Untuk Keperluan Dapurmu

Menentukan Pisau Yang Sempurna



Pisau koki adalah barang penting di dapur. Dalam beberapa kasus, hanya itu yang kamu butuhkan. Kita semua menginginkan yang menawarkan kinerja yang solid, kemudahan penggunaan, dan daya tahan.

Namun, memilih pisau koki terbaik adalah masalah preferensi pribadi. Rasa estetika kamu, ukuran dan bentuk tangan kamu, gaya pemotongan kamu, dan tingkat ketajaman yang disukai semuanya memengaruhi rasa pisau bagi kamu.


Tujuan kami dalam artikel ini bukanlah menemukan pisau yang sempurna untuk semua orang, tetapi pisau yang paling lengkap untuk kebutuhan tertentu. Kami mempelajari fitur teknis pisau dan wasiat dari ratusan juru masak yang memiliki pengalaman dengannya, dan menyusun daftar akhir.


Kualitas dan kemudahan penggunaan pisau koki bergantung pada banyak faktor yang berbeda. Pada level dasar, kamu perlu memperhatikan ukuran, bahan, bau, bentuk tepi, dan pegangan.


Ciri-ciri pisau koki yang berkualitas untuk keperluan memasak pada umumnya.

Ukuran

ukuran pisau


Bilah pisau koki bisa berukuran antara 5 dan 10,5 inci. Rata-rata orang beroperasi dengan baik dengan pisau berukuran 8 inci— demikianlah popularitas dari panjang ini.


Jika kamu memiliki tangan yang lebih kecil dan lembut, bilah yang lebih pendek akan lebih mudah digerakkan dan cenderung tidak menyebabkan kelelahan pergelangan tangan. Namun, perhatikan bahwa pisau yang lebih pendek juga memiliki bilah yang lebih sempit, yang membuatnya kurang ideal untuk menyendok makanan yang dipotong dadu dari talenan.


Material

Pada tingkat dasar, pilihan materialnya adalah keramik dan logam.


Pisau keramik bisa tajam dan mempertahankan ujungnya untuk sementara waktu; Namun, ketika mereka menjadi tumpul, hanya ada sedikit, jika ada, cara praktis untuk mengasahnya. Kebanyakan berakhir di tempat sampah, yang merupakan pemborosan. Bilahnya sendiri juga lebih mudah patah.


Jika kamu berencana menggunakan pisau seorang koki selama bertahun-tahun, lebih baik menggunakan pisau yang terbuat dari paduan baja, karena lebih tajam dan lebih tahan lama.


Paduan paling populer adalah baja karbon dan baja tahan karat.


Pisau baja karbon terbuat dari paduan yang terdiri dari besi, karbon hingga 2,1 persen, dan kandungan paduan 10,5 persen atau kurang. Mereka lebih keras dan dapat mempertahankan tepiannya lebih lama daripada baja tahan karat, tetapi juga lebih rentan terhadap karat dan patah di bawah tekanan.


Kromium (setidaknya 10,5 persen) dan elemen lain yang ditambahkan ke paduan baja untuk melawan karat juga membuat pisau baja tahan karat sedikit lebih lembut. Karena itu, mereka kehilangan tepinya lebih cepat daripada baja karbon tradisional.


kamu mungkin juga melihat pisau baja tahan karat karbon tinggi yang konon membuat yang terbaik dari kedua dunia.


Kami berpendapat bahwa perbedaan antara paduan tidak signifikan dalam hal performa di dapur. kamu tidak akan melihat banyak perbedaan antara pisau stainless dan baja karbon saat kamu memotong wortel, ayam, atau peterseli.


Pisau baja karbon tinggi membutuhkan perawatan yang lebih baik. Mereka harus dicuci dengan hati-hati dan segera dikeringkan sebelum disimpan. Ada baiknya juga untuk menyeka permukaan logam dengan minyak mineral food grade setelah pengeringan.


Selain itu, sebagian besar pisau koki logam akan bertahan selama beberapa dekade dengan penggunaan dan perawatan dasar yang tepat, apa pun paduannya. 

material piasau

Tingkat Kekerasan

Kami selalu menganggap logam keras, tetapi ada berbagai tingkat kekerasan. Ini paling sering diukur pada skala kekerasan Rockwell sebagai angka HRC. Angka yang lebih tinggi pada skala menunjukkan material yang lebih keras.


Kekerasan bisa menjadi pedang bermata dua dalam hal bilah. Bahan yang lebih keras mempertahankan ujung tajamnya lebih lama dan karenanya tidak perlu diasah dan diasah. Tapi mereka juga lebih rapuh daripada bahan yang lebih lembut. Jika pisau kamu terlalu keras, kamu berisiko patah.


Harga pisau dapur yang bagus sekitar 56-60 pada skala Rockwell. Terkadang, kamu akan melihat sesuatu yang lebih sulit, dan jika kamu mencari golok, kamu mungkin menginginkan sesuatu yang lebih lembut. Berhati-hatilah pada tulang dan makanan beku jika kamu memiliki pisau yang keras, dan simpanlah tongkat asah jika kamu memiliki yang lunak.

kekerasan pisau


Tang

Pisau koki adalah pisau yang paling sering digunakan, jadi ada baiknya untuk memiliki pisau dengan tang penuh (ekstensi mata pisau yang menembus sampai ke gagang). Pisau full-tang menawarkan keseimbangan, stabilitas, dan daya tahan yang lebih baik.

tang

Pisau dengan tang parsial beratnya lebih ringan, tetapi kecuali kamu hanya memotong tahu dan sayuran lunak, ketidakseimbangan berat dan tekanan akan mematahkan pegangan dalam waktu singkat.


Edge/Tepi

Meskipun tepi cekung atau pahat memiliki kelebihannya sendiri, kami menyarankan kamu untuk tetap menggunakan tepi berbentuk V tradisional, yang juga disebut tepi dengan permukaan datar. Tepi ini ambidextrous dan berfungsi untuk setiap tugas pemotongan di dapur sekaligus mudah diasah. Kebanyakan penajam pull-through, yang merupakan pilihan umum di antara juru masak rumahan, dirancang untuk bekerja pada tepi V.

Tepi pisau khas Jerman memiliki sudut 18 hingga 22 derajat di setiap sisi, memungkinkannya memotong bahan yang lebih keras dengan kerusakan minimal pada bilahnya. Pisau Jepang, sementara itu, ditumbuk hingga 12 hingga 15 derajat, menawarkan presisi dan kebersihan yang lebih baik saat memotong bahan yang lembut namun keras

tepi



Handle

Gagang kayu alami terlihat dan terasa mewah, tetapi lebih mudah rusak dan menyusut karena fluktuasi panas. Plastik polos terasa murah dan tidak tahan panas.


Baja tahan karat bisa terasa dingin saat disentuh, tetapi tahan lama dan mudah dibersihkan. Bahan sintetis campuran seperti laminasi resin-fiberglass, komposit kayu / resin yang direkayasa, atau nilon yang diperkuat fiberglass menawarkan keseimbangan yang lebih baik antara estetika dan daya tahan. Ini adalah bahan yang kami cari di gagang pisau koki.


Perhatikan bahwa tidak semua gagang pisau dibuat menjadi ambidextrous. Jika kamu kidal, pastikan kamu mendapatkan pisau yang ramah kidal.




RINGKASAN: Untuk keperluan memasak umum, kami sarankan membeli pisau koki yang terbuat dari baja tahan karat atau karbon, dengan tingkat kekerasan antara 56 dan 60 HRC, tang penuh, dan ujung berbentuk V. Pilih panjang pisau yang sesuai dengan ukuran tangan kamu.

No comments for "6 Tips Menentukan Pisau Yang Sempurna Untuk Keperluan Dapurmu"