Yuk,Mulai Ketahui 11 Keperluan Untuk Memotong Jenis Pisau Dapur - senyawa.eu.org

Yuk,Mulai Ketahui 11 Keperluan Untuk Memotong Jenis Pisau Dapur

Jenis Pisau Dapur

jenis pisau dapur


 senyawa.eu.org - Sebagian besar tugas memotong di dapur dapat dilakukan dengan pisau koki yang baik. Meskipun demikian, bilah yang dirancang khusus untuk suatu tujuan dapat menghasilkan pemotongan yang lebih mudah dan presisi. Pisau yang tepat akan mendorong kamu menyiapkan makanan dengan percaya diri dan kreativitas: kamu akan bebas dari kekhawatiran tentang cara terbaik untuk melakukan pemotongan.


Artikel ini bertujuan untuk memperkenalkan jenis pisau dapur paling populer dan tugas-tugas yang dirancang untuk ditangani di dapur. kamu akan belajar apa yang harus dan tidak disertakan dalam set pisau kamu.


Jenis Pisau Dapur

Mungkin ada lebih dari selusin jenis pisau dapur, beberapa serbaguna, yang lain didedikasikan untuk satu penggunaan tertentu.


11 pisau dalam daftar ini adalah pisau paling populer untuk memasak sehari-hari dan pekerjaan penyajian makanan. Mereka adalah orang-orang yang membentuk inti dari semua set pisau masak profesional dan rumahan.


1. Pisau Koki

Pisau Koki

Pisau koki biasanya memiliki bilah lebar yang meruncing ke atas ke suatu titik, memungkinkannya bergoyang maju mundur untuk cincang cepat. Panjangnya bisa antara 6 dan 12 inci ukurannya sering dipilih dengan mempertimbangkan seberapa besar tangan juru masak.


Pisau koki dapat ditempa atau dicap, meskipun pisau dapur terbaik biasanya ditempa. Karena harus sering digunakan, pisau ini biasanya dilengkapi dengan tang penuh bagian bawah bilahnya memanjang ke seluruh panjang dan lebar gagang pisau. Ini memastikan stabilitas dan daya tahan yang lebih baik daripada tang parsial.


Pisau koki dapat digunakan untuk hampir semua tugas memotong di dapur, mulai dari memotong ayam hingga memotong wortel. Itulah mengapa itu adalah item yang harus dimiliki di setiap koleksi set pisau dapur.


Sebagai raja di dapur, pisau koki juga kurang lebih menentukan perangkat mengasah mana yang harus kamu gunakan. Idealnya, rautan kamu harus kompatibel dengan semua pisau kamu; Namun, jika pisau berasal dari koleksi yang berbeda, rautan setidaknya harus bekerja pada bahan, penggilingan, dan sudut tepi pisau koki. Baca panduan pembelian dan ulasan kami tentang penajam pisau terbaik di tahun 2020 untuk mempelajari cara mendapatkan yang tepat.


2. Pisau Santoku

pisau santoku

Pisau Santoku adalah pisau koki gaya Barat versi Jepang. Ini sedikit lebih pendek dan lebih tipis, dan digunakan sebagai pengganti pisau koki oleh beberapa koki, terutama mereka yang lebih suka pisau yang lebih kecil dan ringan.


Santoku berarti "tiga kebajikan", yaitu mengiris, memotong, dan mencincang. Pisau ini berbentuk bulat dan bisa melakukan hampir semua hal yang bisa dilakukan pisau koki pada umumnya.


Karena bilahnya rata, tidak bergoyang di talenan. Hal ini membuatnya kurang cocok untuk saat kamu ingin memotong herba, tetapi pilihan yang lebih baik untuk irisan sayuran yang kurus.


Santoku terkadang dibuat dengan ujung berongga. Lesung pipit di sepanjang bilah memungkinkannya memotong daging, ikan, dan bahan lembut dan keras lainnya tanpa makanan menempel padanya dan mengurangi kecepatan dan ketepatan pemotongan.


3. Pisau Utilitas

Pisau Utilitas

Dengan panjang antara 4 dan 7 inci, pisau serbaguna biasanya digunakan untuk memotong makanan yang terlalu kecil untuk pisau koki.


Ini tidak bagus untuk memotong atau mengiris item besar, tetapi bilah yang sempit dan ujung yang kecil mendukungnya kompatibel dengan tugas-tugas yang lebih tipis, memotong, dan mengiris lebih baik dari pisau koki.


4. Gunting Dapur

Gunting Dapur

Meskipun gunting secara teknis bukan sejenis pisau, gunting dapat digunakan sebagai pengganti pisau. Gunting dapur adalah gunting dengan mata pisau yang tebal dan kuat untuk menangani berbagai bahan makanan. Mereka berguna untuk memotong herba, memotong ayam, menyiapkan udang, gurita, dan banyak tugas pemotongan lainnya. Bagi banyak koki rumahan, mereka adalah favorit untuk mengiris pizza.


Beberapa alat cukur yang dirancang khusus untuk memotong cepat daun bawang atau herba lain mungkin memiliki lebih dari satu bilah. Namun mata pisau pada gunting tersebut biasanya tipis dan lemah. Mereka juga membutuhkan lebih banyak usaha untuk mengasah daripada gunting biasa, yang dengan sendirinya sudah pilih-pilih tentang jenis pisau yang bekerja pada mereka.


5. Pisau Boning


Pisau boning, sesuai dengan namanya, digunakan untuk memisahkan daging dari tulang, mengiris ikan, dan memotong daging. Pisau tulang yang lebih kecil juga dapat digunakan sebagai pengganti pisau pengupas untuk mengupas dan memotong sayuran.


Pisau bertulang biasanya memiliki panjang sekitar 3 hingga 8 inci, dengan lebar bilah yang sedikit bervariasi. Bilahnya bisa lentur, semi-lentur, atau kaku, dengan bilah kaku menjadi yang paling populer di kalangan juru masak rumahan karena presisi pemotongan yang ditingkatkan.


6. Pisau Roti

pisau roti


Pisau roti digunakan untuk memotong roti, kue, dan terkadang daging, unggas, dan makanan laut. Mereka dirancang sedemikian rupa sehingga kamu dapat melihat melalui roti tanpa menekan atau memencetnya.


Dibuat untuk memotong potongan besar makanan, pisau roti termasuk dalam spektrum pisau dapur yang lebih panjang. Panjangnya bisa antara 7 dan 10 inci. Bilahnya sempit dan lurus (yaitu tidak memiliki perut), dan selalu bergerigi, dengan “gigi” besar di sepanjang bilahnya.


7. Cleaver Pisau/Golok

pisau golok


Golok tipikal memiliki tang penuh, tulang belakang yang tebal dan bilah yang sangat lebar dengan sedikit atau tanpa perut. Desain ini memungkinkannya untuk memotong tulang, daging, dan bahan keras dan tebal seperti labu atau labu dengan gerakan memotong.


Dengan mata pisau yang lebar dan berat, golok juga cocok untuk memukul dan melumat daging, unggas dan ikan, serta menghancurkan bawang putih.


8. Pisau Pengupas/Paring

pisau pengupas


Jika kamu suka membuat hiasan untuk makanan dan minuman kamu, pisau pengupas harus dimiliki.


Pisau pengupas biasanya dilengkapi dengan mata pisau tipis berukuran 3 - 4 inchi dengan ujung yang runcing. Dapat digunakan untuk memotong dan mengupas buah dan sayuran, serta memangkas lemak berlebih dengan sangat presisi.


Jenis pisau pengupas yang paling umum termasuk ujung tombak, kaki domba, dan paruh burung, dinamai menurut bentuk ujungnya.


9. Pisau Steak

pisau golok


Juga disebut pisau meja, pisau steak adalah pisau kecil yang digunakan di meja untuk memasak makanan.

Mereka cocok untuk steak, ayam, dan ikan.


Pisau steak bisa memiliki tepi bergerigi, semi-bergerigi, atau tidak bergerigi. Pisau steak bergerigi tetap tajam untuk jangka waktu yang lebih lama tanpa mengasah atau mengasah. Pisau tidak bergerigi menjadi lebih cepat tumpul, tetapi juga lebih mudah untuk diasah.


10. Nakiri Bocho

pisau nakari bocho


Nakiri bocho adalah pisau gaya Jepang yang kebanyakan digunakan untuk memotong sayuran. Ini fitur pisau tipis dan lebar dan ujung persegi.


Karena dirancang untuk memotong sayuran, pisaunya memiliki bilah lurus yang panjang. Ini memungkinkannya memotong sayuran panjang (terong atau wortel, misalnya) menjadi dua dengan mudah. Pisau inilah yang harus kamu gunakan saat kamu ingin membuat irisan tipis dari mentimun, labu pahit, atau tomat.


11. Pisau Fillet

pisau filet


Pisau ini terlihat sangat mirip dengan pisau boning. Namun, ada perbedaan halus di antara keduanya.


Karena pisau boning dirancang untuk mengeluarkan daging dari tulang, ia cenderung lebih tebal dan memiliki daya tahan yang lebih baik. Sedangkan pisau fillet dibuat untuk memotong irisan ikan yang tipis sehingga biasanya lebih tipis, lebih panjang, dan lebih fleksibel.


Perbedaannya sangat kecil sehingga kedua pisau dapat saling menggantikan dalam banyak kasus. Pembuat pisau terkadang mencampurkan keduanya, oleh karena itu munculah pisau fillet boning. Jika kamu ahli dalam sashimi atau tulang ayam, kamu mungkin akan melihat perbedaannya. Selain itu, salah satu dari keduanya harus cukup untuk masakan rumahan biasa.


Jadi begitulah, ringkasan singkat dari berbagai jenis pisau dapur. Manakah dari pisau berikut yang ada di dapur kamu? Apakah kamu lebih suka pisau koki atau Santoku untuk pekerjaan pemotongan umum? Apakah ada pisau penting lainnya yang menurut kamu harus ada dalam daftar? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.


No comments for "Yuk,Mulai Ketahui 11 Keperluan Untuk Memotong Jenis Pisau Dapur"